Pertimbangkan Kembali Jika akan Menggunakan Botol Plastik Sekali Pakai, Efeknya Bisa Berbahaya

- 2 November 2020, 19:09 WIB
Botol plastik mineral berbahaya
Botol plastik mineral berbahaya /Pixabay

PR MAJALENGKA - Air Mineral sudah menjadi kebutuhan pokok semua orang, bahkan di anjurkan untuk rajin minum air mineral, air mineral botol sangat mudah, tidak jarang dari kita yang memakai kembali botol air mineral yang sudah habis.

Hal tersebut perlu anda pertimbangkan secara matang, karna penelitian menyebutkan menggunakan kebali botol air mineral selama berhari-hari, adanya resiko bakteri yang tumbuh pada botol air mineral yang digunakan lebih dari sekali.

Dikutip PR Majalengka dari Antara News, “setelah dua hari atau lebih, koloni mikroorganisme akan membentuk biofilm mirip dengan cara teritip menemper di perahu,” ujar profesor mikrobiologi dan patologi di NYU Lagone, Philip Tierno.

Baca Juga: Menjadi Penyebab Kekalahan Melawan Arsenal, Pogba: Saya Seharusnya Bisa Lebih Baik di Kotak Penalti

Lapisan biofilm berlendir ini bisa terdiri dari bakteri di mulut cotohnya seperti plak pada gigi, itu juga termasuk ke dalam biofilm, yang berpotensi mengandung patogen.

Tidak hanya itu kuman yang tertempel ditangan juga akan terbawa ke dalam botol plastik, apalagi jika botol air minum tersebut di bagikan dengan orang lain.

“Anda bisa mengisi ulang botol sesering yang anda mau hanya dalam 24 jam, kemudian setelahnya buanglah botol tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Artisnya Sering Dapat Komentar Jahat, SM Entertainment Lakukan Kerja Sama dengan Firma Hukum

Pernyataan tersebut di dukung oleh beberapa ahli, salah satunya oleh Journal of Exercise Physiology pada Agustus 2018, yang menyebutkan, 90 persen botol plastik yang terlah digunakan mengandung patogen, termasuk di dalamnya E.coli.

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X