Rutan Bandung Luncurkan Inovasi Penitipan Barang Melalui Aplikasi Sistem Live Track Bernama Si Lintang

- 21 Maret 2023, 05:17 WIB
Aplikasi Digital Rutan Bandung
Aplikasi Digital Rutan Bandung /Arief Pratama/Berita majalengka

BERITAMAJALENGKA - Rutan Bandung (Kebonwaru) menggunakan cara berbeda bagi pengunjung yang akan menitipkan barang bagi keluarganya di dalam penjara dengan Sistem Live Track Penitipan Barang ( SI - LINTANG ) yang diterapkan Rutan Bandung dengan tujuan memberikan informasi kepada pengunjung bahwa barang bawaan sudah diterima oleh keluarga pengunjung yang sedang menjalani pidana di dalam penjara.

Sistem Live Track Penitipan Barang ( SI-LINTANG ) ini yang dimaksud dengan menerapkan scan barcode. Pengunjung tinggal melakukan scan menggunakan ponselnya untuk mengisi data kunjungan. Barcode akan tertera di depan pintu masuk

Karutan Bandung Suparman menuturkan cara baru ini digunakan untuk pengunjung mendapatkan informasi bahwa barang bawaannya telah di serah terimakan kepada keluarganya yang sedang menjalani pidana di rutan bandung.

Baca Juga: Buka Pelayanan Pengaduan untuk Nasabah BPR KR, Bupati Nina Agustina; Jangan Sampai Rakyat Dirugikan

"Dengan diberlakukannya sistem ini terbukti para pengunjung mendapatkan informasi bahwa barang bawaannya telah diterima untuk mengunjungi keluarganya," ujar Suparman, Senin 20 maret 2023.

Sistem bernama 'SI-LINTANG' ini dikembangkan oleh para petugas Rutan Bandung. Sehingga, para petugas pun nantinya dipermudah dengan merekap serah terima barang bawaan pengunjung yang masuk ke dalam rutan.

“Dalam era digital yang begitu cepat ini kita tidak boleh tertinggal dan harus mampu mengikuti tren digital yang sedang berlangsung. Saya akan terus mendorong ide-ide kreatif bagi seluruh Jajaran Rutan Kelas I Bandung. Dengan harapan, dari ide kreatif itu akan tumbuh menjadi inovasi yang berkontribusi positif bagi peningkatan kinerja organisasi. Selain itu sistem ini bertujuan untuk meningkatkan Penguatan Pengawasan bagi seluruh jajaran Rutan Kelas I Bandung dan pada harapan nya nanti Rutan Kelas I Bandung dapat meraih Predikat WBBM Pada Tahun 2023 ini” ujar Suparman.

Baca Juga: Ini 5 Asupan Makanan yang Baik Kalian Konsumsi Saat Menjalankan Puasa di Bulan Ramadhan 2023

Selain untuk mempermudah keluarga untuk mengetahui keberadaan barang yang dititipkan hal tersebut juga dapat mendukung penerapan e-government di Rutan Kelas I Bandung, selain itu dengan diberlakukannya sistem ini terbukti Keluarga sudah tidak perlu khawatir lagi barang titipan nya tidak sampai pada keluarga tercinta, yang artinya peningkatan pelayanan publik di Rutan Kelas I Bandung semakin hari semakin terasa perkembangannya.

Editor: Arief Pratama


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x