Seperti Ini Peta Persaingan E-commerce di Tengah Akhir Tahun 2021

- 4 Februari 2022, 09:06 WIB
Paling Banyak Digunakan, Shopee Sukses Ungguli Persaingan E-Commerece di Indonesia pada Kuartal Keempat 2021
Paling Banyak Digunakan, Shopee Sukses Ungguli Persaingan E-Commerece di Indonesia pada Kuartal Keempat 2021 /

BERITA MAJALENGKA - Maraknya penawaran diskon akhir tahun 2021 merupakan sebuah momentum bagi masyarakat untuk menggunakan berbagai macam e-commerce di Indonesia untuk berbelanja.

Melihat antusiasme masyarakat terhadap belanja online, khususnya di tengah pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, perusahaan riset pasar atau market research global, yang ada di Indonesia (Ipsos), merilis hasil riset terbaru terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir tahun 2021.

Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma, menuturkan, Shopee sukses mengungguli persaingan e-commerce di Indonesia untuk periode Quartal keempat pada tahun 2021.

Baca Juga: Drama All of Us Are Dead Menempati Peringkat 10 Besar di 91 Negara! Lengkap Link Drama

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil survei di antara 3 pemain utama e-commerce di Indonesia yakni Tokopedia, Shopee, dan Lazada, Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 penilaian indikator yang digunakan dalam survey.

“Dalam survei ini, kami menggunakan 4 indikator, yaitu BUMO (Brand Use Most Often), seberapa merek/platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” jelas Andi.

Indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often (BUMO). Berdasarkan indicator BUMO ini, 54% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (30%) dan Lazada (13%).

Kemudian, berdasarkan Indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama 54%, diikuti oleh Tokopedia (27%) dan Lazada (12%).

Artinya Shopee adalah merek atau platform e-commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia.

Halaman:

Editor: Abdul Faqih


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x