Mengenal Herpez Zoster atau Cacar Api, Salah Satu Penyakit yang Rentan Menyebar di Masa Pandemi Covi-19

- 8 April 2021, 18:00 WIB
Mengenal gejala dan dampak dari cacar api atau Herpez Zoster yang dapat menular.*
Mengenal gejala dan dampak dari cacar api atau Herpez Zoster yang dapat menular.* /Pixabay.com/baedaya

PR MAJALENGKA – Anthony Handoko, seorang pakar penyakit kulit dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) mengatakan jika cacar api atau Herpes Zoster (HZ) merupakan penyakit yang rentan menular pada seseorang di masa pandemi Covid-19.

“Pada masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini, secara umum kita cenderung mengalami penurunan daya tahan tubuh akibat stres psikis serta kelelahan yang berkepanjangan untuk selalu waspada terhadap COVID-19, maka sangatlah mungkin seseorang lebih mudah terkena HZ pada masa ini”, ucap Anthony yang juga merupakan CEO Klinik Pramudia dikutip PikiranRakyat-Majalengka.com dari Antara.

Anthony kemudian menjelaskan, orang-orang yang pernah terjangkiti oleh cacar jenis lain seperti cacar lain bisa berisiko terkena HZ jika daya tahan tubuh mereka rendah atau lemah.

Baca Juga: 4 Tips Berjalan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan, Wajib Tahu Kapan Waktu yang Tepat!

Hal yang sama juga tentu berlaku bagi lansia, pengidap HIV/AIDS, pasien transplantasi organ, penderita kanker, stres psikis, pasien pasca operasi dan pasien yang mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek menekan pada sel imun tubuh.

Maka dari itu, Anthony berpendapat bahwa masyarakat harus meningkatkan imunitas tubuh secara umum dan menghindari kontak fisik terhadap virus yang dimiliki oleh penderita HZ agar HZ sendiri bisa dicegah agar tak menyebar.

Jika dilihat dari sisi pembawa atau penularannya, HZ diakibatkan oleh sebuah virus bernama varicella zoster (VZV) yang bisa berpindah melalui pertukaran nafas dan kontak dengan lesi atau gejala pada kulit.

Baca Juga: Terkait Sebagian Masyarakat yang Menolak Vaksin, Berikut Jawaban Menkes

Bahkan jika ada kontak langsung dengan cairan pada lepuhan ruam penderita ini juga bisa menularkan HZ.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X